Langsung ke konten utama

MANFAAT IKAN MAS


Hasil gambar untuk ikan mas
A. Pengertian
     Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia.
     Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Selain itu "ikan mas punten" dan "ikan mas majalaya" merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

B. Manfaat
1. Meminimalisir penyakit jantung
         Salah satu kandungan yang dimiliki oleh ikan mas adalah manfaat omega 3, yang baik untuk jantung arteri vena, yang membentuk sistem kardiovaskular. Fungsi lainya yakni mampu mengontrol detak jantung agar normal. Hal ini juga akan melebarkan pembuluh arteri yang menyempit akibat kelebihan lemak. Bahkan mengonsumsi 2 porsi seminggu mengurangi resiko kematian gagal jantung.

2. Merendahkan Tekanan Darah Tinggi
         Pemicu utama tekanan darah tinggi (Hipertensi) adalah lemak jahat yang nantinya akan menimbulkan kolestrol. Kandungan dalam ikan mas hanya terdapat lemak sebesar 2 gram saja. Sehingga mengkonsumsi ikan mas bukan suatu hal yang mengkhawatirkan.
         Kandungan lain yang cukup berperan dalam mengontrol kolesterol adalah manfaat minyak ikan. Komponen utama minyak ikan ini adalah omega 3 yang memiliki fungsi mencegah datangnya lemak ke dalam tubuh.

3. Mengontrol berat badan
         Keungggulan lainya yang dimiliki oleh ikan mas adalah mampu mengontrol berat badan. Dengan adanya kandungan penting dalam minyak ikan memiliki fungsi untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh. Ikan mas juga hanya memiliki kalori rendah, sehingga cocok dimasukkan sebagai salah satu menu program diet.

4. Mencerdaskan otak
         Banyak sekali iklan supplement yang menawarkan produk kecerdasan untuk sang buah hati. Apakah anda tahu, kandungan zat apa yang terdapat dalam supplement tersebut? Minyak ikan! Nutrisi DHA atau Docosa Hexaenoic Acid yang memiliki rantai panjang omega 3 dalam minyak ikan sangat merangsang perkembangan otak pada anak-anak.
         Akibatnya otak akan lebih berkembang dan membuatnya lebih pintar. Rangsangan DHA mampu menguatkan memori pada otak, serta meningkatkan kemauan belajar pada anak. Di beberapa Negara maju seperti Amerika sudah menganjurkan pengonsumsian nutrisi tersebut.

5. Membantu Pertumbuhan tinggi badan
         Keunggulan lainya yang dimiliki oleh omega 3 adalah untuk membantu pertumbuhan tinggi. Rangsangan yang ditimbulkan omega 3 mampu menstimulasi sel-sel untuk berkembang lebih cepat. 

6. Mencegah Kanker
         Salah satu penyakit mematikan yang menjangkit wanita adalah kanker payudara. Menurut penelitian terakhir, ikan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara. Beberapa jenis kanker lainya yang mampu diminimalisir oleh ikan adalah kanker usus kolon dan kanker prostat.

7. Mengurangi resiko radang sendi
         Selain pengujian terhadap pencegahan kanker, manfaat ikan mas lainnya adalah mampu mengurangi resiko radang sendi. Penyebabnya adalah kandungan minyak ikan memiliki respon pada inflamasi atau pembengkakan. Sehingga sendi yang akan membengkak, mampu dinetralisir oleh kandungan minyak ikan.

8. Menyehatkan mata
         Mata sehat memang impian seluruh orang. Dalam pembentukan struktur membran belakang mata dibantu oleh lemak tak jenuh. Salah satu jenis lemak tak jenuh yang penting adalah DHA. Manfaat minyak ikan dalam ikan mas yang lainya adalah kelebihanya dalam melawan penurunan macula, sindrom mata kering serta glaucoma.

9. Awet muda
         Begitu juga untuk yang menginginkan untuk tetap tampil awet muda. Salah satu fungsi minyak ikan mampu menunda proses penuaan dini (keriput) serta mencegahnya. Selain manfaat vitamin e, beberapa krim dan masker untuk kulit diatas 35 atau 40 tahun sudah mulai menggunakan komposisi minyak ikan.

10. Menyehatkan mental
          Konsumsi ikan dalam jumlah seimbang dipercaya mampu mengurangi stress dan depresi. Kandunganya yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi sehingga mampu menekan emosionalnya agar selalu positif. Dengan begitu berimplikasi pada kesehatan mental anda.

11. Mengontrol Kadar Kolesterol
         Kandungan lemak dalam ikan mas dapat digunakan sebagai pengontrol kolestrol. Karena kemampuanya yang mampu memacu keluarnya HDL, yakni kolestrol yang sifatnya baik untuk tubuh.

12. Mengurangi Resiko penyempitan Pembuluh Darah di Otak
         Selain untuk mencerdaskan, fungsi DHA juga mampu digunakan untuk mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah di otak. DHA merupakan salah satu asam lemah tak jenuh yang cukup bekerja aktif dibagian otak. Penyebabnya adalah asam lemak di otak sebanyak 60% adalah DHA.

13. Mengurangi resiko Aterosklerosis
         Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa kandungan dalam mamfaat ikan mas terdapat EPA atau Eikosa Pentaenoat. Nutrisi tersebut jika digabungkan dengan DHA akan menjadi omega 3 kompleks yang mampu menurunkan kadar zat tubuh. Misalnya seperti kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein. Adanya asam lemak tak jenuh tersebut berimplikasi untuk menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis.

BACA JUGA >> MANFAAT NASI MERAH <<
BACA JUGA >> RESEP IKAN MAS KHAS SUNDA << 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DRAMA IRI DENGKI PENYEBAB FITNAH

NASKAH DRAMA Judul : Iri Dengki Penyebab Fitnah Tema : Persahabatan Jumlah Pemeran : 8 (7 Tokoh dan 1 Narator) Penokohan : Susilawati à Narator (Pencerita) Azka (Angki) à /Laki laki berumur 15 tahun yang baik, bijaksana, cerdas, tampan dan terpilih menjadi Ketua osis baru. Panji (Isna) à /Laki laki berumur 15 tahun yang jago bela diri, dan suka melindungi orang yang lemah dan terkenal sejak menjuarai lomba pencak silat tingkat provinsi. Yuda (Dixan) à /Laki laki berumur 16 tahun terlahir dari pasangan kaya raya, suka menolong dan suka bermain game online. Nadia (Widia) à /Gadis berumur 15 tahun yang sangat terobsesi dengan gadget, suka bergosip dan senang jadi pusat perhatian. Pak Wisnu (Riki) à /P

JUMLAH TULANG PADA MANUSIA

     Tubuh manusia terdiri dari 4 komponen penting yang menjadi pembentuk tubuh, yaitu tulang, sendi, otot dan daging. tahumah anda berapa jumlah keseluruhan tulang pada tubuh manusia? Ternyata menurut ilmu anatomi, jumlah tulang pada tubuh manusia adalah 206 ruas. Jumlah 206 tulang tubuh manusia tersebut dapat di jabarkan sebagai berikut. Bedasarkan ilmu anatomi, jumlah keseluruhan tulang tubuh manusia adalah 206 ruas yang meliputi: 1. Jumlah Tulang tengkorak kepala 28 ruas   1 tulang dahi (frontal)   2 tulang ubun-ubun (parietal)   1 tulang kepala belakang (osipital)   2 tulang baji (sphenoid)   2 tulang pelipis (temporal)   2 tulang hidung(nasal)   2 tulang pipi (zigomatik)   1 tulang rahang atas (maksila)   2 tulang rahang bawah (mandibula)   1 tulang lidah (vomel)   2 tulang langit-langit di dalam mulut (platinum)   2 tulang tapis (ethmoid)   2 tulang air mata (lakrimal   2 tulang martil (Malleus)   2 tulang landasan (Incus)   2 tulang sanggurdi (Stapes)

HORMON PADA TUMBUHAN DAN HEWAN

1. Hormon Tumbuhan dan Fungsinya   a. Hormon Auksin         Hormon auksin adalah hormon pertumbuhan yang pertama kali ditemukan dan ditemukan oleh Frits Went (1863-1935) pada tahun 1928 merupakan ahli botani Belanda yang mengatakan bahwa "tak mungkin terjadi pertumbuhan tanpa adanya zat tumbuh. Jenis hormon auksin pada tumbuhan yang telah dapat diekstraksi adalah asam indol asetat atau IAA. Auksin memiliki tempat sintesis pada meristen apikal seperti pada ujung batang (tunas), daun muda, dan kuncup bunga. Awalnya auksin diketahui terdapat di ujung kecambah gandum Avena sativa. Akan tetapi, ternyata ada juga zat diujung-ujung tumbuhan yang sama dengan Auksin. Jenis-jenis auksin yang telah ditemukan adalah aukin a dan auksin b. Auksin a sama dengan auksin b, hanya berbeda pada kandungan airnya. Auksin a mempunyai mol air yang lebih banyak dan zat heteroauksin yang diketahui sebagai asam indol Asetat (IAA).  Fungsi Hormon Auksin  : ·          M